research

PEMBELAJARAN DISCO PRO KERTEK OLIK

DISCO PRO KERTEK OLIK WEBSITE SEKOLAH

Latar Belakang

Dengan memperhatikan dan memanfaatkan aset lingkungan alam di sekitar sekolah dapat digunakan sebagai tempat dan sumber belajar yang secara langsung dapat dirasakan oleh murid. Mengenalkan kearifan lokal daerah pada murid yang belum memahami sepenuhnya terhadap potensi lokal daerahnya. Kota Pekalongan mempunyai kearifan lokal tidak hanya batik saja, potensi lokal seperti ikan merupakan potensi daerah Pekalongan yang perlu dikenalkan dan digali oleh murid. Selain itu melihat keterbatasan sarana pra sarana yang ada di sekolah untuk pembelajaran dapat menggunakan aset lingkungan sekitar sekolah sebagai penunjang pembelajaran. Dari kegiatan lanjut pembelajaran, perlu adanya peningkatan kreativitas siswa dalam pengolahan ikan. Hal ini mengubah gambaran murid terhadap ikan bahwa ikan merupakan sumber nutrisi yang baik dikonsumsi. Untuk itu perlu juga inovasi pengolahan yang dapat dikreasikan sesuai dengan olahan kekinian yang dapat menarik minat murid terhadap olahan ikan. Kegiatan pembelajaran Disco Pro Kertek Olik ini juga membangun pembelajaran yang berpusat pada murid. Pemikiran murid dalam belajar bahwa guru merupakan sumber belajar dapat tergantikan dengan mengkonstruksi murid agar dapat mandiri dan bertanggung jawab terhadap dirinya. Dengan demikian, model pembelajaran dari Disco Pro Kertek Olik ini merupakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna serta memberi dampak yang positif dan berkelanjutan dalam menerima life skill selama pembelajaran berlangsung.

 

Penjaringan Ide

Dari latar belakang tersebut maka dapat dijaring ide dengan menciptakan pembelajaran student center learning ini dengan mengenalkan potensi lokal daerah melalui pembelajaran. Proses pembelajaran yang dilalui murid dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Selain itu juga pembelajaran Disco Pro Kertek Olik dapat membangun karakter siswa pada aspek kemandirian dan juga murid dapat bertanggung jawab. Dari karakter yang positif tersebut dapat menciptakan kreatifitas siswa dalam olahan ikan.

 

Pemilihan Ide

Ide muncul dengan harapan menumbuhkan karakter positif dari murid yang terintegrasi dalam pembelajaran. Dengan adanya pembelajaran ini maka murid dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pemilihan ide Disco Pro Kertek Olik ini memberi pembelajaran yang membentuk karakter yang positif.  Selain itu juga, menumbuh kembangkan potensi murid dalam menerima life skill agar lebih berkompeten dalam kehidupan yang berkelanjutan.

 

Manfaat

Pembelajaran Disco Pro Kertek Olik membuat murid dapat belajar dengan membangun pengetahuan dari pengalaman belajar yang dilaluinya. Pemanfaatan lingkungan di sekitar sekolah dapat menjadi sumber belajar yang mengena dan bermakna sekali bagi murid. Secara langsung, murid dapat menumbuhkan karakter dan mendapat pengetahuan yang sebelumnya belum diketahui oleh murid. Untuk itu, banyak manfaat yang dirasakan murid selama mengikuti pembelajaran Disco Pro Kertek Olik, diantaranya yaitu:

  • Murid dapat mengeksplorasi pengetahuannya
  • Murid dapat mengetahui kearifan lokal daerahnya
  • Murid peduli dengan lingkungannya dan temannya
  • Murid dapat membangun pengetahuannya selain di kelas in door sebagai sumber belajar
  • Murid dapat mengembangkan karakter sehingga membangun kepribadian yang baik
  • Menumbuhkan rasa percaya diri dalam berinteraksi di luar lingkungan sekolah
  • Menciptakan produk olahan ikan yang kreatif dan inovatif
  • Menciptakan pembelajaran yang mendalam
  • Pembelajaran menjadi menyenangkan dan bermakna

 

Dampak

Pembelajaran yang dilalui murid dengan model Disco Pro Kertek Olik memberi hasil yang positif. Hal ini dapat dirasakan murid lewat refleksi dan evaluasi yang telah dilakukan. Dampak yang dirasakan oleh murid selama mengikuti pembelajaran Disco Pro Kertek Olik adalah:

  • Membentuk karakter kemandirian dan tanggung jawab pada diri murid
  • Murid dapat bekerjasama dalam membangun pengetahuannya bersama temannya selama pembelajaran
  • Menumbuhkan kreatifitas murid dalam pembuatan olahan ikan
  • Murid mendapat pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna
  • Pembelajaran Disco Pro Kertek Olik dirasa efektif dengan kolaboratif antar mapel
  • Murid mendapatkan pengalaman baru dalam pembelajaran Disco Pro Kertek Olik
  • Menumbuhkan kreatifitas murid dalam pembuatan olahan ikan
  • Murid mendapat pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna
  • Pembelajaran Disco Pro Kertek Olik dirasa efektif dengan kolaboratif antar mapel
  • Murid mendapatkan pengalaman baru dalam pembelajaran Disco Pro Kertek Olik